Copyright By Mininetworks. Powered by Blogger.
RSS

TIPS MERAWAT FLASHDISK


Flashdisk merupakan alat penyimpanan removable dengan satu chip sebagai media penyimpanannya.  Terkadang, dengan seringnya kita menggunakan, flashdisk sering kali mengalami kerusakan dan tidak dapat lagi digunakan untuk menyimpan. Berikut ada sedikit tips untuk merawat penggunaan flashdisk.
  1. Gunakan hanya sebagai alat pemindah data
Ini hal yang lumayan penting namun sedikit tidak dihiraukan oleh sebagian pengguna. Jika anda mempunyai laptop atau komputer, lebih baik simpan saja data anda di komputer atau laptop. Karena apa, sekali saja chip mengalami kerusakan, maka tidak dapat diperbaiki. Sebaiknya, gunakan hanya untuk media transfer untuk mengantisipasi terjadinya kerusakan pada flashdisk.
  1. Hati-hati ketika melakukan eject
Header atau kepala flashdisk yang sering ditancapkan, lama-kelamaan akan rusak jika terus menerus mendapat gesekan. Maka, lakukan eject dengan baik untuk menghindari  terputusnya arus tegangan secara tiba-tiba.
  1. Gunakan tutup
Cari flashdisk yang mempunyai tutup rapat untuk mengurangi masuknya debu dan kotoran ke dalam flashdisk. Apalagi ketika anda tidak sengaja, flashdisk anda masuk ke dalam air.
  1. Jangan buka file terlalu lama dari flashdisk
Jangan langsung putar file-file musik, editing foto, atau editing file-file lain langsung dari flashdisk anda. Karena, kemungkinan besar flashdisk anda akan cepat rusak. Sebaiknya, pindah terlebih dahulu ke dalam komputer atau laptop, baru melakukan editing
  1. Jangan asal colok flashdisk
Kita tidak tahu bukan, apakah komputer yang akan kita coloki flashdisk itu aman dari virus? Nah, untuk berhati-hati pada komputer anda sendiri, jangan lupa install antivirus. Jika tidak mau menggunakan yang berbayar, silakan gunakan antivirus yang gratisan. Seperti AVG, SMADAV, Avira, PCMAV, dll.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment